Selasa, 19 Maret 2019

Tips Lengkap Membuat Aquarium yang menarik dan Unik

Tips Lengkap Membuat Aquarium yang menarik dan Unik

Interior rumah tak lengkap rasanya jika tidak ada hiasan yang dapat menambah keindahan sudut ruangan di rumah. Selain perabotan rumah dan furniture yang wajib ada, tidak ada salahnya jika mau menambahkan sentuhan hiasan yang unik di dalam rumahmu.

Beberapa orang biasanya akan menambah hiasan rumah seperti tanaman, lukisan maupun guci yang diletakkan di sudut ruangan. Namun ada juga yang menambahkan kesan alami dengan meletakkan aquarium di dalam ruangan.

Aquarium banyak dijual di toko ikan hias dengan berbagai bentuk dan penampilan yang berbeda. Aquarium yang telah jadi yang dijual biasanya dibanderol dengan harga mahal apalagi jika memiliki bentuk yang unik dan ikan hias yang cantik.

Jika kamu tak ingin mengeluarkan biaya yang mahal, kamu bisa membuat sendiri aquarium unik untuk hiasan pelengkap di rumahmu. Cara membuat aquarium pun cukup mudah untuk kamu ikuti dan bahan yang bisa kamu dapatkan dengan mudah.

Memelihara ikan di aquarium

Aquarium adalah sebuah vivarium yang biasanya ditempatkan di sebuah tempat dengan wadah atau sisi yang transparan yang di dalamnya terdapat satwa dan tumbuhan air, ditampung serta digunakan untuk tampilan yang bisa dilihat banyak orang.

Memelihara ikan di dalam aquarium cukup populer di Indonesia selain memelihara ikan di sebuah kolam. Jika kamu yang gemar memelihara ikan namun tak memiliki tempat untuk membuat kolam, kamu bisa mencoba memelihara ikan menggunakan aquarium.

Cara membuat aquarium yang unik

Cara membuat aquarium yang unik dan sederhana bisa kamu coba sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah kamu dapatkan. Membuat sendiri aquarium dapat menghasilkan aquarium yang sesuai dengan kreasi dan kreatifitasmu. Kamu bisa menambahkan sendiri hiasan, ukuran aquarium dan ikan yang akan kamu masukkan dalam aquarium buatanmu sendiri.

ada cara membuat aquarium yang unik yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber. Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan sebelum membuat aquarium antara lain:

- Kaca

- Lem silikon sebagai lem perekat kaca

- Alat lem tembak

- Cutter

- Lakban penggaris

- Spidol

- Alat pemotong kaca

- Obeng

Demikian bahan-bahan yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Setelah kamu mengumpulkan semua bahannya, berikut cara membuat aquarium yang bisa kamu simak langkah-langkahnya:

1. Tentukan terlebih dahulu bentuk aquarium yang akan kamu buat. Untuk kamu yang masih pemula dalam membuat aquarium sendiri, sebaiknya membuat bentuk aquarium berbentuk kotak atau persegi.

2. Tentukan ukuran aquarium yang sesuai dengan kebutuhan. Hal ini penting dipertimbangkan sesuai dengan kaca yang kamu miliki dan ukuran sudut ruangan yang akan kamu letakkan aquariummu.

3. Cara membuat aquarium selanjutnya adalah memotong kaca untuk aquarium. Setelah memutuskan bantuk dan ukurannya, kini kamu bisa memotong kacanya. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan yakni:

Potong kaca dengan alas yang datar.

- Kaca yang akan kamu potong telah kamu tandai dengan spidol dan penggaris agar ukuran kaca tidak salah.

- Berikan carian pemotong kaca pada alat yang kamu gunakan untuk memotong kaca.

- Kamu bisa memotong kaca dengan hanya mengikuti garis yang telah kamu buat. Cukup ikuti garis hingga meningkalkan guratan pada kaca lalu getok dengan palu sehingga kaca akan terbelah.

- Kempulkan potongan-potongan kaca ditempat yang aman di atas alas datar.

Penghalusan kaca aquarium dan menyusunnya

4. Haluskan terlebih dahulu sisi kaca yang dipotong tadi sebelum kamu beri lem. Hal ini agar kaca dapat merekat sempurna tanpa adanya ganjalan akibat kaca masih kasar.

5. Pinggiran kaca untuk bagian alas aquarium bisa kamu beri lakban. Lakban ini berfungsi agar alas aquarium tidak licin dan mudah bergerak sehingga bisa membahayakan.

6. Untuk semua sisi pinggrian dan sudut kaca, beri lem silikon dengan alat lem tembak.

7. Setelah semua potongan kaca kamu beri lem silikon, kini kamu bisa menyusun potongan kaca tersebut menjadi bentuk aquarium persegi. Beri lem pada sudut-sudutnya agar merekat kuat menggunakan lem kaca. Awali dengan meletakkan kaca untuk alasnya kemudian dilanjutnya dengan badan aquariumnya.

8. Setelah berdiri, beri lakban pada sudut-sudutnya agar kuat dan tidak licin sehingga tidak mudah jatuh.

9. Jika lem kaca dirasa sudah kering, kamu bisa lepas lakban secara hati-hati dan merapikan lem-lem yang menempel pada kaca. Disini kamu bisa perhatikan apakah lem sudah kuat dan apakah ada rongga pada sudut-sudut kaca.

Menghias aquarium agar terlihat bagus dan unik

10. Lalu pasang stiker atau gambar nuansa bawah laut yang unik.

11. Pasang saringan aquarium dan kamu bisa tambahkan hiasan lainnya seperti batu, tanaman laut, batang pohon tiruan, terumbu karang dan lampu hias. Susun hiasan di dalam aquarium dengan berbagai teknik seperti:

- Menyusun bebatuan dari ukuran besar ke kecil,

- Menyusun tumpukan batu berada ditengah dan dihiasai tanaman,

- Memberikan pasir laut kemudian menancapkan tanaman hias

- Menyusun batu menyerupai kastil atau terowongan

12. Isi air dan ikan. Pemilihan ikan juga perlu kamu perhatikan sesuai dengan ukuran aquarium.

13. Selesai.

Demikian cara membuat aquarium yang unik dengan cara yang sederhana. Kamu bisa membuat aquarium sendiri sesuai dengan kreatifitasmu untuk memperindah sudut ruangan atau di kamarmu.

0 komentar:

Posting Komentar